Bapak / ibu guru yang berbahagia ... untuk bahan diskusi di KB terakhir modul 1 .. silakan bapak / ibu mendiskusikan topik Peran guru merancang penilaian yang mampu mengukur "
berbagai ketrampilan peserta didik sesuai dengan tuntutan Abad 21
"
Rancangan sistem penilaian saat ini terlalu fokus mengukur kemampuan peserta didik untuk mengingat fakta, dengan menggunakan tes pilihan ganda, namun tidak cukup mengukur kemampuan peserta didik untuk terlibat dan menyelesaikan pemikiran kompleks dan tugas pemecahan masalah. masalah. Hasil akhirnya akhirnya adalah semakin semakin munculnya munculnya kesenjangan yang lebar antara pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta didik di sekolah dan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di abad 21 yang semakin berkembangnya berkembangnya teknologi di di tempat kerja. Sementara penilaian penilaian saat ini secara penuh penuh untuk melakukan melakukan penilaian untuk mengukur pengetahuan bidang bidang konten inti dan dan sedikit penilaian penilaian yang mengarah pada pada analisis yang focus pada keterampilan abad 21. Penilaian sekaligus juga penelitian yang secara rutin dilakukan untuk mengukur kekuatan dan kelemahan peserta didik, guru dan bahkan sekolah. Sehingga Strategi Penilaian abad 21 yang tepat diantaranya adalah: 1. Perlunya pergeseran dalam strategi penilaian yang dapat mengukur keterampilan di lingkungan global yang kompleks. Penilaian pada abad 21 harus beralih untuk mengukur kemampuan peserta didik berpikir kritis, menyelesaian masalah, mengumpulkan informasi, dan membuat keputusan yang masuk akal dan beralasan sambil menggunakan teknologi. 2. Penilaian harus memberikan tugas berbasis solusi. Keterampilan akan lebih berfokus pada keterampilan operasional peserta didik, seperti keahliannya menggunakan banyak sumber secara tepat dan efisien, bukan pada apakah peserta didik telah merespon secara benar yang disampaikan oleh guru . 3. Penilaian pada peserta didik dilakukan dengan dasar penilaian yang mengarah pada tindakan berbasis kelas. Hal ini disebabkan karena secara keseluruhan, penilaian tidak hanya dapat memberikan penilaian pada peserta didik saja, namun juga membantu guru dan peserta didik untuk melakukan evaluasi. Dengan demikian, pada akhirnya peserta didik akan memiliki: a. Kompetensi kognitif yang mampu berpikir kritis, memecahkan masalah, menganalisis, dan mampu mengambil keputusan yang tepat. b. Kompetensi Interpersonal yang mampu bekerja dengan orang lain. Diantaranya: kemampuan berkomunikasi secara efektif, kemampuan mengelola diri agar dapat bekerjasama dengan orang lain, kemampuan menjaga hubungan dengan orang lain, dan memilki etika bekerja yang baik c. Kompetensi Intrapersonal yang dapat bertanggung jawab dan mampu berkomunikasi yang bagus dan tegas.