Hal -hal yang harus dilakukan guru dalam memahami kemampuan awal atau perilaku awal peserta didik antara lain sebagai berikut ini.
Pada Pa da aw awal al se seti tiap ap pe pemb mbel elaj ajar aran an,, gu guru ru ha haru rus s me meng ngin inde dent ntif ifik ikas asii du dulu lu peri rila laku ku awa wall peng pe nget etah ahua uan n
atau ke kema mamp mpu uan awa wall yang ya ng te tela lah h
diku di kua asa sain inya ya,,
pese sert rta a aspe as pek k
did idik ik,,
kogn ko gnit itif if,,
bai aik k
asp spe ek
afe af ekt ktif if da dan n
psikomotor. Tidak setiap aspek kemampuan peserta didik pada awal pembelajaran
sama pentingnya. Bila menya menyangku ngkutt kema kemampua mpuan n yang menjadi pras prasyarat yarat untu untuk k menc mencapai apai tujuan pembelajaran, maka guru harus memberikan beberapa pertanyaan secara lisan kepada kelas atau memberikan tes awal berupa tes tulis
singkat. Perbedaan karakteristik dalam kemampuan awal antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, antara peserta didik yang satu dengan peserta didik lainnya dalam satu kelas, harus menjadi dasar pertimbangan perencanaan
dan pengelolaan pembelajaran. Saat akan melaksanakan pembelajaran kenali minat, motiasi belajar, belajar, dan sikap belajar peserta didik sehingga guru dapat menggunakan metode dan da n me medi dia a pe pemb mbel elaj ajar aran an ya yang ng me mena nari rik k se sert rta a ba baga gaim iman ana a ca cara ra gu guru ru meningkatkan minat, sikap dan motiasi belajar pada mata pelajaran yang
bapak!ibu ampu. Pemahaman perilaku awal mengenai aspek kesehatan fisik dan sensorimotorik, menjadi pertimbangan dalam memberikan materi atau tugas yang melibatkan kegiatan fisik dan psikomotor.
The things that must be done by the teacher in understanding the initial abilities or initial behavior of students include on the following :
At the beginning of each lesson, the teacher must identify the initial behavior or initial abilities of students, both aspects of knowledge that have been mastered, cognitive, affective
and psychomotor aspects. Not every aspect of students' abilities at the beginning of learning is equally important hen it comes to abilities that are a prerequisite for achieving learning goals, the teacher must give a few questions verbally to the class or give an initial test in the form of a short written
test. !ifferences in the characteristics of the initial abilities between classes with one another, between students with one another in one class, must be the basis for consideration of
planning and management of learning. hen going to carry out learning recogni"e the interests, motivation to learn, and learning attitudes of students so that the teacher can use interesting learning methods and media and how the teacher increases interest, attitudes and motivation to learn on sub#ects that the
father $ mother is capable of. %nderstanding the initial behavior regarding aspects of physical and sensory&motor health, becomes a consideration in providing material or assignments that involve physical and psychomotor activities.
"isalnya siswa yang isual harus mendapatkan kesempatan yang baik untuk menggunakan penglihatannya dalam belajar #engan menggunakan tayangan slide di lcd $bacaan, gambar, grafik, dan lain-lain%. Siswa auditorial harus mendapatkan kesempatan untuk berbicara atau mendengar dalam belajar $mendengarkan cerita, menceritakan kembali, mendengarkan penjelasan atau menjelaskan kepada teman sebaya, diskusi dan laporan lisan, dan lain-lain%. &ang kinestetik juga harus mendapatkan kesempatan untuk melakukan tindakan $memanipulasi, belajar ambil menggerakkan anggota tubuhnya, membaca sambil bersuara atau berjalan-jalan, membuat isyarat-isyarat gerakan tertentu untuk menghafal poin-poin penting, dan lain-lain%. #alam kegiatan yang berariasi tersebut, guru harus memastikan bahwa semua siswa terpenuhi kebutuhannya.
n these varied activities, the teacher must ensure that a ll students meet their needs. (or e)ample visual students must get a good opportunity to use their vision in learning by using slideshows on the *+! reading, pictures, pictures, graphics, etc. -. -. Auditory students must have the opportunity to speak or hear in learning listening to stories, retelling, listening to e)planations or e)plaining to peers, oral discussions and reports, etc. -. The kinesthetic must also get the opportunity to take action manipulate, learn to move his limbs, read while making a sound or o r walk, make certain gesture signals to memori"e important points, etc. -. n this way, all students will be able to complete the task and achieve results according to ability. ability.