Jawaban Forum Modul Profesional M2 KB2Full description
FD M3 KB2 dan KB3Full description
TUGASFull description
TUGASFull description
TUGASDeskripsi lengkap
Forum DiskusiFull description
Tugas-M6-KB2
Formatif M6 KB2 100%Full description
soal tes formatifFull description
Tugas M6 KB2 PPG
Pemodelan matematika merupakan bidang matematika yang berusaha untuk mempresentasikan dan menjelaskan sistem-sistem fisik atau problem pada dunia real dalam pernyataan matematika sehingga diperoleh pemahaman dari problem dunia real ini menjadi lebih tepat. (Prayudi, 2006). Sederhananya, model matematika merupakan usaha untuk menggambarkan suatu fenomena ke dalam bentuk rumus matematis sehingga mudah untuk dipelajari dan dilakukan perhitungan. Tahapan Pemodelan Matematika
Kendala yang dihadapi : 1. Masalah dalam kelancaran linguistik dan pemahaman konseptual yang sesuai dengan
tingkat membaca sederhana dan memahami makna masalah, yang dikaitkan dengan tahapan membaca (reading (reading ) dan memahami (comprehension (comprehension)) makna suatu permasalahan 2. Masalah dalam pengolahan matematika yaitu terdiri dari tahapan transformasi (transformation), transformation), keterampilan proses ( process process skill ), ), dan penulisan jawaban akhir (encoding (encoding ). ). Pada penelitian ini menggunakan kendala kedua, yaitu pengolahan matem atika karena potensi kesalahan paling besar terjadi. Pada umumnya kesalahan terbesar terjadi pada kendala kedua, 1. Transformasi masalah (trasformation (trasformation); ); Proses siswa dapat mengubah masalah matematika ke dalam bentuk model matematika dengan mencoba mencari hubungan antara yang diketahui dan yang ditanyakan, selanjutnya untuk mengecek kemampuan mentransformasi masalah, siswa diminta menentukan metode, prosedur, atau strategi apa yang digunakan dalam menyelesaikan soal seperti membuat grafik, tabel dan lainnya. 2) Keterampilan proses ( process skill ); );
Pada tahap ini, siswa diminta mengimplementasikan rancangan rencana pemecahan masalah dengan lebih detil melalui tahapan transformasi masalah untuk menghasilkan sebuah solusi yang diinginkan. 3) Penulisan jawaban (encoding ).
Pada tahap ini, siswa diminta menuliskan jawaban akhir dari permasalahan yang diberikan secara tepat berdasarkan hasil yang mereka peroleh pada tahap keterampilan proses, serta sis wa harus dapat menuliskannya sesuai konteks Berdasarkan uraian langkah penyelesaian masalah , jenis kesalahan pengolahan data pada penelitian ini dikategorikan menjadi tiga kategori dengan indikator yang disajikan di tabel di bawah ini.
No
Jenis Kesalahan
Indikator
1.
Kesalahan transformasi soal
Tidak menuliskan prosedur dan tidak dapat menjelaskan prosedur prosedur yang digunakan dengan tepat
siswa telah memahami apa yang diminta
Tidak menuliskan metode yang akan
soal untuk diselesaikan tetapi siswa tidak digunakan dan tidak dapat menjelaskan dapat mengidentifikasi operasi atau metode
menuliskan metode yang tidak tepat
yang diperlukan untuk menyelesaikan soal
Tidak dapat merubah soal ke dalam
tersebut atau siswa tidak dapat mengaitkan
kalimat matematika dengan benar
kalimat pada soal ke bentuk kalimat matematika 2 Kesalahan keterampilan proses
Kesalahan dalam operasi hitung
siswa dapat mengidentifikasi operasi atau kesalahan konsep metode yang sesuai tetapi tidak dapat
tidak melanjutkan prosedur penyelesaian
melakukan perhitungan dengan benar
tidak menuliskan rumus dengan tepat tidak
menuliskan
dan
menjelaskan
tahapan perhitungan dengan benar 3.
Kesalahan menuliskan jawaban akhir
Tidak menuliskan jawaban akhir
siswa
menuliskan jawaban akhir yang tidak
sudah
dapat
menyelesaikan
permasalahan secara tepat tetapi tidak dapat sesuai dengan konteks soal
mengekspresikan penyelesaian tersebut ke menuliskan jawaban akhir namun tidak dalam kalimat matematika yang diminta