Forum Diskusi Profesional M1 KB 4 Mari kita diskusikan, bagaimana implementasi Penguatan Penguatan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran PJOK PJOK terutama terkait lima karakt karakter er utama yaitu eligius, !asionalis, "ntegritas, Mandiri, dan #otong royong
Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifk atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifk dapat menggunakan beberapa strategi seperti pembelajaran kontekstual. kontekstual. Model pembelajaran merupakan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya misalnya discovery learning, projectbased learning, problembased learning, in!uiry learning. "alam proses pembelejaran sesuai dengan kurikuum 2013, pendidik pada umumnya menggunakan dua system pendekatan yaitu 1# Pembelajaran $angsung %direct instructional# dana 2# pembelajaran tidak langsung %indirect instructional#. Pembelajaran Pembelajaran $angsung %direct instructional# adala& pembelajaran yang mengembangkan pengeta&uan, kemampuan berpikir dan keterampilan menggunakan pengeta&uan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan 'PP. "alam pembelajaran langsung peserta didik melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan in(ormasi)mencoba, menalar)mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pembelajaran langsung meng&asilkan pengeta&uan dan keterampilan langsung, yang disebut dengan dampak pembelajaran %instructional e*ect# Pembelajaran Pembelajaran tidak langsung %indirect instructional# adala& pembelajaran pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajaran langsung yang dikondisikan meng&asilkan meng&asilkan dampak pengiring %nurturant % nurturant e*ect#. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam kompetensi inti bidang sikap religius %K+1# dan sikap sosial %K+2#. al ini berbeda dengan pengeta&uan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung ole& mata pelajaran Pendidikan -gama dan udi Pekerti serta Pendidikan Pancasila dan Ke/arganegaraan. Pengembangan nilai dan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku, dilakukan ole& seluru& mata pelajaran %termasuk PK# Dalam proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, pendidik pada umumnya menggunakan dua system pendekatan, yaitu: 1. Pembelajaran Langsung: adalah pembelajaran pembelajar an yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang direncanakan dalam silabus dan PP. PP. Dalam pembelajaran langsung peserta didik melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan in!ormasi"mencoba, menalar"mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.
Trusted by over 1 million members
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
Trusted by over 1 million members
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
#ontohnya ada pada $idio pembelajaran P%&' yang menerapkan pendekatan sainti!ik sesuai dengan kurikulum 2013. (uru mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan dan peserta didik secara terpadu melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. 2. Pembelajaran tidak langsung: adalah pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajaran langsung yang dikondisikan menghasilkan menghasilkan dampak pengiring. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam kompetensi inti bidang religius )'*+1 dan sikap sosial )'*+2. Pengembangan nilai dan sikap sebagai proses pengembangan moral moral dan perilaku, dilakukann dilakukann oleh seluruh mata pelajaran )termasuk P%&'. -ehingga di *mplementasikan Penguatan Pendidikan 'arakter )PP' dalam pembelajaran P%&' terutama terkaitblima karakter : 1. eligius 2. asionalis 3. *ntegritas /. andiri . (otong royong Pengintegrasian PP' dalam kurikulum: 1. eman!aatkan secara optimal materi yang sudah tersedia di dalam kurikulum 2. -ecara kontekstual 3. Dengan penguatan nilai+nilai utama PP' *ntegrasi PP' dalam ata Pelajaran: 1. Peserta dibagi dalam kelompok mata pelajaran 2. asing+masing kelompok dibekali dengan '* dan 'D untuk mata pelajaran yang dibahas)Permendikbud o.2/ tahun 201 3. Peserta membaca buku kajian dan pedoman mengenainrincian masing+masing dari nilai utama karakter /. engintegrasikan nilai utama PPk dalam materi 'D
*D*'4& *D*'4&
45* 45* P&'&'
*L* ''45
#&4&6: P%&' -D '5L- 7 -55-45 2 'D: 8.1 memahami konsep akti$itas untuk kekuatan otot+otot anggota badan bagian ba9ah. 8.2 mempraktikkan latihan akti$itas untuk kekuatan otot+otot anggota badab bagian ba9ah.
Trusted by over 1 million members
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
b. enggendong berkelompok berkelompok c. elakukan gerakan naik turun tangga d. elakukan gerakan berjalan jongkok e. erlari berbelok;belok !. erlari keberbagai arah ilai utama PP': eligius 2. asionalis 3. *ntegritas /. andiri . (otong royong #&4&6 PP -ekolah : -D '5&-* #D* ata pelajaran : P%&' 'elas"semester : 7"2 'ompetensi inti : latihan dasar kebugaran jasmani 'ompetensi dasar : 8.1 memahami konsep akti$itas untuk kekuatan otot+otot anggota badan bagian ba9ah. 8.2 mempraktikkan latihan akti$itas untuk kekuatan otot+otot anggota badab bagian ba9ah. *ndikator pencapaian kompetensi: ilai 'arakter: a. eligius )percaya diri b. asionalis ) disiplin c. andiri )kerja sama d. (otong royong )toleransi, kerja sama e. *ntegritas )jujur,tang ) jujur,tanggung gung ja9ab
Trusted by over 1 million members
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
4ahap 3 mencoba 4ahap / mengasosiasikan 4ahap mengkomunikasikan etode pembelajaran : pendekatan sainti!ik dengan metode ceramah,demonstrasi dan praktik edia dan bahan: lapangan,bola kecil,peluit dan stop 9atch -umber belajar: uku P%&' kelas $ Langkah+langkah pembelajaran : . pertemuan pertama: 1. 'egiatan pendahuluan 2. 'egiatan inti 3. 'egiatan penutup . Pertemuan kedua .......dst....... Penilaian teknik penilaian: 1. -ikap spiritual 2. -ikap -osial 3. -ikap pengetahuan /. 'eterampilan . Pembelajaran remidial . Pembelajaran pengayaan enegetahui kepala sdn kebonsari Dra. ach!atuchah,.Pd